PROMOTHEUS

Alkisah seorang Dewa Promotheus ikut merasa sedih melihat alam semesta dilanda musim  dingin tanpa akhir, sehingga semua makhluk hidup menderita. Padahal, di surga, setiap dewa memiliki tungku api di depannya untuk menghangatkan dirinya sendiri dan tidak boleh dipindahkan.

Diam-diam ia pergi meninggalkan surga dengan membawa tungku api itu turun  ke dunia untuk membagi kehangatannya. Perbuatan itu melanggar peraturan surga dan ia terperangkap lalu diikat di pegunungan Kaukusius. Setiap hari dating burung gagak untuk mematuk hatinya supaya tidak bisa tumbuh karena dianggap sebgai sumber perbuatannya. …

Sampai suatu hari ada dewa yang merasa iba dan turun untuk membebaskan dan melepaskan rantainya. Kemudian Promotheus memberikan apinya kepada Heraklitus (540 – 480 SM) dan membakar alam semesta sehingga sangat hangat dan kondusif bagi tumbuh kembangnya kehidupan.

Semenjak itulah kehidupan dalam alam semesta ini terus mengalir sehingga terjadi perubahan abadi. Heraklitus dianggap sebagai Dewa Ilmu Pengetahuan.

Alam semesta berada dalam proses menjadi yang abadi, terus mengalir tanpa pernah berhenti. Ini disebabkan oleh dua kekuatan yang sifatnya bertentangan sehingga terus dalam satu kesatuan saling mempengaruhi dan disebut logos.

Alam semesta ini dipandang sebagai organisme yang didukung oleh “paru-paru” sebagai napas kosmis sama seperti tubuh manusia didukung oleh udara. Fisik adalah esensi dari alam dan dianggap sebagai hidup sehingga tidak ada perbedaan antara yang hidup dan yang tidak hidup, seperti pengetahuan kita mengenai spirit dan materi. Dari aliran inilah kita mengenal nama-nama Promotheus dan Heraklitus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: